Perbedaan amil zakat dan panitia zakat
TANYA JAWAB FIQIH & AQIDAH
Sail : @Alfaqismy
Deskripsi masalah
Assalamu,alaikum
Sering kita lihat di beberapa daerah ada yg mengumpulkan, mencatat dan juga membagikan zakat fitrah oleh pihak panitia yang tidak di angkat imam. Dan panitia di kampung tersebut itu cuma atas dasar kesepakatn warga
Pertanyaan 1
Bagaiamana kedudukan hukum / status syar’i lembaga zakat yang dibentuk oleh pemerintah daerah yang dihubungkan dengan ketentuan - ketentuan fiqih tentang amil ?
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Jawaban 1
Hukumnya lembaga zakat yang dibentuk oleh pemerintah daerah adalah sah, karena pemerintah Indonesia mempunyai hak syar’i untuk membentuk amil.
Keterangan, dari kitab:
1. Mauhibah Dzi al- Fadhal juz IV halaman 130
و) الصنف الخامس (والعاملون عليها) ومنهم الساعي الذي يبعثه الإمام لأخذ الزكوات وبعثه واجب (قوله والعاملون عليها) أي الزكاة يعنى من نصبه الإمام فى أخذ العمالة من الزكوات
Bagian kelima adalah para amil, mereka antara lain adalah sa’i yang diutus penguasa untuk menarik zakat, dan pengangkatannya itu wajib. Amil zakat adalah orang yang diangkat imam untuk menjadi pegawai atau penarik zakat
2. Ihya ‘Ulum al-Din juz I halaman 157
الأصل العاشر أنه لو تعذر وجود الورع والعلم فيمن يتصدى للإمامة وكان في صرفه إثارة فتنة لا تطاق حكمنا بانعقاد إمامته لأنا بين أن نحرك فتنة بالاستبدال فما يلقى المسلمون فيه من الضرر يزيد على ما يفوتهم من نقصان هذه الشروط التي أثبتت لمزية المصلحة فلا يهدم أصل المصلحة شغفا بمزاياها كالذي يبني قصرا ويهدم مصرا وبين أن نحكم بخلو البلاد عن الإمام وبفساد الأقضية وذلك محال
ونحن نقضي بنفوذ قضاء أهل البغي في بلادهم لمسيس حاجتهم فكيف لا نقضي بصحة الإمامة عند الحاجة والضرورة
3. . Kifayatu Al-Ahyar, II : 159
قال الغزالى : واجتماع هذه الشروط متئذر فى عصرنا لخلو العصر عن المجتهد المستقل، فالوجه تنفيذ قضاء كل من ولاه سلطان ذوشوكة وإن كان جاهلا أوفاسقا لئلا تتعطل مصالح المسلمين. قال الإمام الرافعى وهذا أحسن.
Imam Ghazali berkata lengkaplah persyaratan ini, pada zaman sekarang sulit, karena tidak adanya yang mencapai derajat mujtahid mustaqil maka konsekuensinya sah pemerintahnya orang yang mempunyai syaukah (kekuatan) meskipun bodoh, agar tidak terjadi kekosongan atas kemaslahatan orang-orang muslim. Dan imam Ar-Rofi’i mengatakan hal itu lebih baik.
[ Sumber : AHKAMUL FUQAHA, Solusi Poblematika Aktual Hukum Islam, halaman 376 ].
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Pertanyaan 2
Bagaimana jika panitia zakat statusnya bukan amil, bolehkah mereka menerima zakat ?
Jawabannya
Sudah sangat jelas, mereka tidak boleh menerima zakat atas nama amil. Bahkan mereka tidak boleh mengambil sedikitpun dari zakat untuk biaya operasional zakat. Ini beda dengan amil.
Untuk panitia yang sudah terlanjur mengambil bagian dari zakat, sebaiknya ikut pendapat imam Subuki yang memperbolehkan:
موهبة ذي الفضل للشيخ محفوظ الترمسي ٤/١٣٠
(قوله والعاملون عليها ) اي الزكاة يعني من نصبه الامام فى اخذ العمالة من الزكوات فلو استاءجر من بيت المال اوجعل له جعلا لم ياءخذ من الزكاة قيل انما يجوز اعطاء العامل اذالم يوجد متطوع ومقتضاه ان من عمل متبرعا لا يستحق شياء على القاعدة وبه جزم ابن الرفعة لكن رده السبكى بان هذا فرضه الله تعالى لمن عمل كالغنيمة يستحقها المجاهد وان لم يقصد الا اعلاء كلمة الله تعالى فاذا عمل ان ياءخذ شياء استحقه واسقاطه بعد العمل لما ملكه به لايصح الا بنقل الملك من هبة ونحوها وليس كمن عمل عملا بقصد التبرع حتى يقال ان القاعدة انه لايستحق لان ذلك فيما يحتاج الى شرط من المخلوق وهذا من الله كالميراث والغنيمة.
Permasalahan yang tidak kalah pentingya ialah. Di sebagian daerah, panitia mengumpulkan zakat dan mengemasnya kembali dengan kemasan yang sama. Lalu dibagikan secara merata kepada masyarakat. Hal ini mengandung dua kesalahan.
1. Bisa saja beras zakat tersebut kembali lagi kepada orang yang berzakat. Maka akhirnya dia sama dengan tidak berzakat.
2. Tidak semua masyarakat itu berhak menerima zakat dan jika zakat tersebut diserahkan kepada yang tidak berhak menerima zakat, maka panitia wajib mengganti.
Wa llahu muwaffiq ila aqwathih thariq
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
TIM MUSYAWIRIN
MUSHOHIH
Ustadz Hosiyanto Ilyas S.Pd.I.
Ustadz Abdha' Mukhtar S.H.
Ustadz Adul Hadi
Ustad Iman Abdulloh El Rashied Mahasiswa Mukala Hadramaut Yaman
Ustad Hamdan Khoirul Muttaqiin
PENULIS DAN PERUMUS REDAKSI
Ustadz Saifuddin
PENANGGUNG JAWAB
Uztadzah Hj Dinda Dzulaeha
.
Komentar