Hukum qhodo' puasa yang melewati tahun berikutnya??
TANYA JAWAB FIQIH & AQIDAH
Sail : @+62 823-5301-9894
Deskripsi masalah
Assalamualikum warahmatullahi wabarakatuh
Seorang perempuan sebut saja Fulanah, melahirkan seorang anak dipenghujung bulan sya'ban, dibulan rhmadhan tk dpt berpuasa sebab menyusukan anaknya & juga dlm keadaan nifas, seusai bulan ramdhan hingga ramadhan ke 2 ia tk kunjung dpt membayar qhodo puasa oleh sebab menyusukan anaknya krn tkut terjadi sesuatu pd anak atau dirinya jika berpuasa
Pertnyaanya :
Wajibkah ia qodlo & membayar fidyah ?
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Jawaban :
Wa alaikum salam
Kalau tidak berpuasanya wanita hamil dan wanita menyusui tersebut karena mengkhawatirkan perkembangan janinnya atau karena takut bayi yang sedang menyusu tersebut jadi sedikit air susunya atau rasa air susu misalnya jadi tak enak, maka dalam kondisi seperti ini boleh membatalkan puasa tetapi wajib qadha serta fidyah.
AKAN TETAPI apabila wanta tersebut tidak berpuasanya karena mengkhawatirkan dirinya saja atau mengkhawatirkan dirinya serta mengkhawatirkan bagi janin yang di kandung atau bayi yang sedang disusui, maka dalam kondisi seperti ini hanya wajib qadha puasa saja tidak wajib untuk fidyah.
Dasarnya adalah:
Kasyifatu as-Saja, hal: 121
فان افطر لخوف علی نفسه او مع غيره فلا فدية كالمريض
Apa Yang Di Maksud Fidyah Tikror as-Sinin ?
TIKROR AS SININ itu adalah status fidyah dapat di ulang sebab pergantian tahun.
CONTOH :
Tahun 2020 Hindun tidak puasa 1 hari karena ia sedang hamil yang mengkhwatirkan perkembangan janinnya.
Maka nanti selepas bualan Ramadhan ia punya kewajiban mengqadha puasa 1 hari plus wajib bayar fidyah 1 liter beras.
Akan tetapi apabila si Hindun mengulur ulur waktu untuk mengkadha puasa tanpa ada udzur syara sehingga datanglah bulan Ramadhan berikutnya misal tahun 2011, 2012, 2013 ia terus mengulur waktu kadha puasa. Maka puasa yang 1 hari di tahun 2010 untuk di tahun 2014 wajib di kadha 1 hari saja, sedangkan fidyahnya menjadi bertambah karena melewati 3 kali Ramadhan menjadi 3 liter .
Referensi :
كاشفة السجاء ص ١٢١
واعلم ان الفدية تتكرر بتكرار السنين وتستقر فی ذمته من لزمته
فتح العزيز بشرح الوجيز للامام الرافعي
{الثالث ما يجب لتأخير القضاء فلكل يوم أخر قضاؤه عن السنة الاولي مع الامكان مد وإن تكررت السنون ففى تكررها وجهان} ….الي ان قال…… ولو أخر حتى مضى رمضانان فصاعدا ففى تكرر الفدية وجهان (أحدهما) أنها لا تتكرر بل تتداخل كالحدود لان الفدية انما وجبت في السنة الاولى لانه أخرج القضاء عن وقته وهو مابين الرمضانين وهذا لا يتكرر (والثانى) أنها تتكرر قال في النهاية وهو الاصح لانه يجب عليه فدية لتأخير سنة فيجب فديتان لتأخير سنتين والحقوق المالية لا تتداخل ولو كان قد افطر عداونا وعلقنا به الفدية فاخر القضاء فعليه لكل يوم فديتان واحدة للافطار وأخرى للتأخير ولا تداخل لاختلاف الموجب
الإقناع للشربيني في حل ألفاظ أبى شجاع (ج 1 / ص 224)
ومن أخر قضاء رمضان مع إمكانه حتى دخل رمضان آخر لزمه مع القضاء لكل يوم مد لان ستة من الصحابة رضي الله عنهم قالوا بذلك ولا مخالف لهم ويأثم بهذا التأخير قال في المجموع: ويلزمه المد بدخول رمضان، أما من لم يمكنه القضاء لاستمرار عذره حتى دخل رمضان فلا فدية عليه بهذا التأخير فائدة: وجوب الفدية هنا للتأخير وفدية الشيخ الهرم ونحوه لاصل الصوم، وفدية المرضع والحامل لتفويت فضيلة الوقت، وبتكرير المد إذا لم يخرجه بتكرر السنين لان الحقوق الخ…
الفقه الاسلامي و ادلته ج ٣ ص ١٧٤٦
والأصح في رأي الشافعية: أنها تتكرر بتكرر السنين؛ لأن الحقوق المالية لا تتداخل وقال الحنفية: لا فدية بالتأخير إلى رمضان آخر، لإطلاق النص القرآني. {فمن كان منكم مريضا أو على سفر فعدة من أيام أخر} [البقرة:١٨٤/ ٢ – ١٨٥] فكان وجوب القضاء على التراخي، حتى كان له أن يتطوع، فلا يلزمه بالتأخير شيء ولأنه القياس في الكفارات، غير أنه تارك للأولى
من المس
والله اعلم بالصواب
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
TIM MUSYAWIRIN
MUSHOHIH
Ustadz Hosiyanto Ilyas S.Pd.I.
Ustadz Abdha' Mukhtar S.H.
Ustadz Adul Hadi
Ustad Iman Abdulloh El Rashied Mahasiswa Mukala Hadramaut Yaman
PENULIS DAN PERUMUS REDAKSI
Ustadz Saifuddin
PENANGGUNG JAWAB
Uztadzah Hj Dinda Dzulaeha
Komentar