Apakah boleh mengganti mandi junub dengan tayamum
TANYA JAWAB FIQIH & AQIDAH
Sail : @fulan
Deskripsi masalah
Assalamu"alaikum wa rohmatullohi wa barakatuh
Alfa adalah orang yang selalu hati hati dalam masalah apapun . Pada suatu hari ia junub namun dia tak menemukan air dan ia merasa ragu untuk bertayamum karena ia kurang faham tentang boleh tidaknya orang yang junub bertayamum
Pertanyaan :
Apakah boleh mengganti mandi junub dengan tayamum ?
Mohon penjelasan ummi
Terima kasih ummi
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Jawaban :
Wa'alaikumusalam warohmatullohi wa barakatuh
Dalam al-Qur’an dijelaskan:
وَإِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوا
“Dan jika kamu junub Maka mandilah.”
Mandi junub seharusnya menggunakn air. Kalau tidak ada air boleh menggantinya dengan tayamum.
اسباب التيمم ثلاثة فقد الماء والمرض والإحتياج اليه لعطش حيوان محترم
كاشفة السجا ص ٣٢-٣٣
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Adapun alasan kenapa keluarnya mani mewajibkan mandi, karena terdapat perintah dari Allah, jadi hal ini merupakan bentuk ta'abbudi menjalankan perintah Allah dalam surat al-maidah ayat 6 :
وإن كنتم جنبا فاطهروا
Jika kamu dalam keadaan junub maka bersucilah.
Sebagian pakar tafsir menjelaskan bahwa yang dimaksud bersuci { فاطهروا } adalah dengan mandi. Adapun hikmah tentang diwajibkannya mandi ketika keluar mani : karena keluarnya mani membuat badan lemas, dan mandi bisa memberikan semangat kembali dan memperlancar peredaran darah atau untuk me-refresh kondisi tubuh yang lemas.
Referensi :
- Syarh al-yaqut an-nafis hal. 85 darul minhaj :
الثاني : خروج المني ؛ لقوله تعالى {{ ۚ وَإِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوا ۚ }} فسرها بعضهم بالغسل
ولو استحال المني دما ــ فقد يخرج المني في صورة الدم ، ويميزه الإنسان باللذة حين خروجه ــ فهو موجب للغسل
ويخرج من القبل أيضا المذي والودي ، فالمذي : ماء رقيق أبيض يخرج عند ثوران الشهوة ، والودي : ماء أصفر يخرج عند الضعف ، وكلاهما ينقضان الوضوء ، غير موجبين للغسل كأي خارج آخر عدا المني
والحكمة في أن خروج المني يوجب الغسل : لأنه يضعف الجسم ، والغسل يعطيه شيئا من النشاط وجريان الدم
Ta'bir yang berkaitan mengapa wajib mandi karena keluar air mani :
Hasyiyah Bujairimi ‘Alal Iqna’ juz II halaman 305:
وَرُوِيَ : { أَنَّ جَمَاعَةً مِنْ عُلَمَاءِ الْيَهُوْدِ جَاءُوْا إلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَقَالُوْا : يَا مُحَمَّدُ أَخْبِرْنَا لِمَاذَا أَمَرَ اللهُ تَعَالَى بِالْغُسْلِ مِنَ الْجَنَابَةِ وَلَمْ يَأْمُرْ بِهِ فِي الْبَوْلِ وَالْغَائِطِ وَهُمَا أَقْذَرُ مِنَ النُّطْفَةِ ؟ فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : إنَّ آدَمَ عَلَيْهِ السَّلَامُ لَمَّا أَكَلَ حَبَّاتٍ مِنْ الشَّجَرَةِ وَتَحَوَّلَ سَرَيَانُهَا فِيْ عُرُوْقِهِ وَشَعْرِهِ وَسُرَّتِهِ ، فَإِذَا جَامَعَ الْإِنْسَانُ نَزَلَ الْمَنِيُّ مِنْ أَصْلِ كُلِّ شَعْرَةٍ فَافْتَرَضَهُ اللهُ تَعَالَى عَلَيَّ وَعَلَى أُمَّتِيْ شُكْرًا لِمَا أَنْعَمَ عَلَيْهِمْ مِن اللَّذَّةِ الَّتِيْ يُصِيْبُهَا مِنْهُ أَيْ مِنَ الْمَنِيِّ قَالُوْا لَهُ صَدَقْتَ يَا مُحَمَّدُ }
Al Mizan al Kubro juz II halaman 187:
فإن قلت فلم وجب تعميم البدن بالغسل من خروج المني مع أنه دون والغائط في القذر بيقين
فالجواب أن تعميم البدن بخروجه أو بالجماع من غير خروجه ليس هو للقذر وإنما هو لما فيه من الذة التي تسري في جميع البدن
Wa llahu 'alam Bhis showab
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
TIM MUSYAWIRIN
MUSHOHIH
Ustadz Hosiyanto Ilyas S.Pd.I.
Ustadz Abdha' Mukhtar S.H.
Ustadz Adul Hadi
Ustad Iman Abdulloh El Rashied Mahasiswa Mukala Hadramaut Yaman
PENULIS DAN PERUMUS REDAKSI
Ustadz Saifuddin
PENANGGUNG JAWAB
Uztadzah Hj Dinda Dzulaeha
Komentar