Apakah boleh, mahar nikah berupa saldo gopay
TANYA JAWAB FIQIH & AQIDAH
Sail :@selamat sore
Deskripsi masalah
Assalamualaikum
Dalam pernikahan sering kita temui mempelai wanitanya oleh pihak mempelai laki diberi mas kawin dan dalam hal ini fulan yang menikahi istrinya dia ngasih mas kawinnya saldo gopay
Pertanyaan :
Apakah boleh, mahar nikah berupa saldo gopay atau ovo ?
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Jawaban :
Wa'alaikumusalam warohmatullohi wa barakatuh
Boleh
Mahar tidak selalu harus dibayar tunai pada waktu itu juga dan bukan hanya terbatas pada berupa barang tapi bisa berupa jasa. Hal ini sebagaimana dijelaskan oleh Imam Abu Ishak Ibrahim bin Ali bin Yusuf al-Fairuzzabadi al-Syairazi dalam Al-Muhadzdzab fi Fiqh al-Imam al-Syafi’i
(Damaskus: Dar al-Qalam, 1992), juz II, hal. 463
فصل: ويجوز أن يكون الصداق ديناً وعيناً وحالاً ومؤجلاً لأنه عقد على المنفعة فجاز بما ذكرناه كالإجازة
فصل: ويجوز أن يكون منفعة كالخدمة وتعليم القرآن وغيرهما من المنافع المباحة
“Pasal: Maskawin boleh dalam bentuk piutang, barang, kontan, maupun ditempokan, karena nikah merupakan akad untuk mendapatkan manfaat, maka boleh dilakukan dengan hal-hal yang telah kami sebutkan, sebagaimana dalam akad sewa.
Pasal: Maskawin boleh juga berupa jasa, seperti dalam bentuk pelayanan, pengajaran Al-Qur’an atau hal-hal lain yang berupa jasa yang diperbolehkan”.
Para fuqoha mengatakan bahwa mahar boleh saja berupa benda atau manfaat.Adapun benda itu sendiri terdapat dua kategori, yaitu :
Pertama, Semua benda yang boleh dimiliki seperti dirham, dinar, barang dagangan, hewan dan lain-lain. Semua benda tersebut sah dijadikan mahar dalam pernikahan.
Dan Imam Taqiyuddin al-Hishni di dalam kitabnya (Kifayah al-Akhyar) menyatakan bahwa tidak ada batas minimal dan maksimal dalam maskawin, bahkan segala sesuatu yang boleh dipatok harga, baik materi atau manfa’at boleh dijadikan sebagai maskawin.
DR. Musthafa al-Bugha di dalam kitabnya (al-Fiqh al-Minhaji ‘Ala Madzhab al-Imam al-Syafi’i)
juga menyatakan bahwa tidak ada batas minimal dan maksimal bagi maskawin. Maka segala sesuatu yang dikategorikan harta atau perbandingannya boleh dijadikan maskawin, baik sedikit atau banyak, berupa materi, hutang, ataupun manfa’at, seperti sajadah, seribu lira, rumah, atau mengajarkan sebuah pekerjaan.
Dari pemaparan tersebut di atas, secara implisit dapat diketahui bahwa maskawin berupa pulsa adalah sah.
Referensi
ليس للصداق حد في القلة ولا في الكثرة بل كل ما جاز أن يكون ثمنا من عين أو منفعة جاز جعله صداقا .
كفاية الأخيار - (ج 1 / ص 370)
وـ حدّ المهر: لا حدّ لأقل المهر، ولا لأكثره، فكلّ ما صحّ عليه اسم المال، أو كان مقابلاً بمال، جاز أن يكون مهراً، قليلاً كان أو كثيراً، عيناً أو ديناً، أو منفعة: كسجادة، أو ألف ليرة، أو سكنى دار، أو تعليم حرفة.
الفقه المنهجي على مذهب الإمام الشافعي (4/ 77)
فصل : ويجوز أن يكون منفعه كالخدمه وتعليم القرآن وغيرهما من المنافع المباحة لقوله عز وجل (إنى أريد أن أنكحك إحدى ابنتى هاتين على أن تأجرني ثمانى حجج) فجعل الرعى صداقا وزوج النبي صلى الله عليه وسلم الواهبة من الذى خطبها بما معه من القرآن.
المجموع شرح المهذب (16/ 328 )
والله اعلم
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
TIM MUSYAWIRIN
MUSHOHIH
Ustadz Hosiyanto Ilyas S.Pd.I.
Ustadz Abdha' Mukhtar S.H.
Ustadz Adul Hadi
Ustad Iman Abdulloh El Rashied Mahasiswa Mukala Hadramaut Yaman
PENULIS DAN PERUMUS REDAKSI
Ustadz Saifuddin
PENANGGUNG JAWAB
Uztadzah Hj Dinda Dzulaeha
Komentar