Bagaimana hukum hasil kerja di Bank ?






TANYA JAWAB FIQIH & AQIDAH

Sail : @⁨ㅤㅤ⁩ 

Deskripsi masalah 

 Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Sebut juned dia salah satu bagian dari pekerja di bank sebagai teler adapun tetanganya juga bekerja di bank namun sebagai costumer service


Bagaimana hukum hasil kerja  di  Bank ?

Mohon Penjelasannya. Syukron Katsir.
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

Jawaban 

Wa alaikum salam

 Bagaimana hukum penghasilan bekerja di Bank Konvensional seperti Deskripsi diatas ?


Hukum penghasilan bekerja di Bank Konvensional sebagai Teller dan Customer Service sebagaimana dalam deskripsi adalah halal. Karena penghasil tersebut adalah ujroh dari pekerjaannya. Dan pekerjaan Teller dan Customer tidak burhubungan dengan pinjam-meminjam / hutang piutang yang bersifat riba menurut jumhur Ulama'.

Referensi :

{الفقه المنهجي على مذهب الإمام الشافعي، ج ٦ ص ١٥٠}

حكم الإجارة:٠

إذا تم عقد الإجارة بتوفر أركانه وشروطه انعقد صحيحاً، وترتب عليه حكمه ـ أي أثره الشرعي ـ بمجرد انعقاده، وهو:٠

- ثبوت الملك للمستأجر في منفعة المؤجَّر، وجواز تصرفه فيها واستيفائه لها٠

- ثبوت الملك للمؤجَّر في الأُجرة التي هي قيمة المنفعة التي ملكها المستأجر من حين العقد٠


{لجنة الإفتاء ومراجعة سماحة المفتي العام الدكتور نوح علي سلمان رقم الفتوى، ٤٦٧}


الحمد لله، والصلاة والسلام على سيدنا رسول الله
العمل في البنوك الربوية فيه تفصيل تابع لصفة العمل المقصود:
١- فإذا كان عمل الموظف في البنك الربوي بعيدا عن مباشرة الفوائد الربوية، وليس فيه إعانة مباشرة عليها: فلا بأس في عمله ولا حرج٠
٢- أما إذا كان عمل الموظف في البنك الربوي مباشرا للفوائد الربوية، وفيه إعانة عليها: فلا يجوز له ذلك، لقول الله عز وجل: (وَلا تَعَاوَنُوا عَلَى الإثم وَالْعُدْوَانِ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ) المائدة/ 
٢
وفي صحيح مسلم عن جابر رضي الله عنه قال: (لَعَنَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ آكِلَ الرِّبَا وَمُؤْكِلَهُ وَكَاتِبَهُ وَشَاهِدَيْهِ وَقَالَ هُمْ سَوَاءٌ) يقول الإمام النووي رحمه الله: "فيه تحريم الإعانة على الباطل" انتهى. "شرح مسلم" (
١١/٢٦)
والاعتذار عن العمل الحرام بنية تجميع الأموال والانتقال إلى
 عمل آخر مباح اعتذار مردود، فالمال المحرم لا يبارك الله فيه، والنية لا تقلب العمل المحرم حلالا، واللعن الوارد في الحديث لكل من أعان على الربا يوجب على المسلم التوقف والتأمل، إن كان يرضى أن يحشره الله في زمرة الملعونين، أم في زمرة التائبين العابدين٠
وأخيرا نذكركم أن الله عز وجل يقول: (وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجاً وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لا يَحْتَسِبُ وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ إِنَّ اللَّهَ بَالِغُ أَمْرِهِ قَدْ جَعَلَ اللَّهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْراً) الطلاق/٢-٣.

 والله أعلم٠



➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

TIM MUSYAWIRIN

MUSHOHIH

Ustadz Hosiyanto Ilyas S.Pd.I.
Ustadz Abdha' Mukhtar S.H.
Ustadz Adul Hadi

PENULIS DAN PERUMUS REDAKSI

Ustadz Saifuddin

PENANGGUNG JAWAB

Uztadzah Hj Dinda Dzulaeha

Komentar

POPULAR POST

Apakah Batalkah Puasa orang yg Berasa mau Muntah

APAKAH TAKDIR BISA DI RUBAH??

Hukum Menunda Penguburan Jenazah

Jumlah Rakaat Sholat Sunat Rawatib

Hukum Busana muslimah Yg Harus Di Hindari

Hukum Mengganti Nama Yg lebih Baik Menurut islam

Hukum Cinta Menurut Islam

HUKUM MEMOTONG KUKU DAN RAMBUT DALAM KEADAAN HAID

Dengan Tiga Hal Cita-Cita Dapat Diraih