TIDAK SAH, SHOLAT YANG MAKMUM YANG TIDAK MEMBACA AL-FATIHAH?



TANYA KAWAB FIQIH & AQIDAH




Sail : @⁨Dede Cynk Dede⁩

Deskripsi masalah

Membaca surat al-Fatihah adalah dari bagian rukun shalat yang 17. Dengan demikian hukumnya wajib membaca surat al-Fatihah dalam sholat, baik dalam sholat siriyyah yakni sholat zhuhur dan ashar, atau dalam sholat jahriyyah yakni sholat maghrib, i'sya dan subuh, demikian juga wajibnya membaca surat al-Fatihah tersebut baik bagi imam atau makmum bahkan termasuk bagi sholat yang munfarid (sendirian).

Pertanyaaan :

Assalamu'alaikum.

Mau tanya Ummi, ustadz dan ustdzah:

apakah sah jika jika makmum pada rekaat 1 dan 2 hanya mendengarkan bacaan fatihah imam alias diam (menggantungkan bacaan imam). hanya di rekaat 3 dan 4 dia baca fatihah ?

Mhon penjelasan nya dan Reperensi nya
Terimakasih
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

Jawaban :

Wa alaikum salam

Membaca surat al-Fatihah dalam sholat hukumnya adalah wajib karena termasuk dari rukun sholat sehingga apabila surat al-Fatihah tersebut tidak dibaca maka sholatnya tidak sah. Wajibnya membaca surat al-Fatihah tersebut berlandaskan pada hadits shohih Imam Bukhari dan Imam Muslim yang berbunyi :


لا صلاة لمن لم يقرأ بفاتحة الڪتاب


Artinya, "tidak sah sholat orang yang tidak membaca surat al-Fatihah"

Hadits yang senada, Imam al-Baghowi mengatakan dalam kitabnya al-Mashobih pada sebuah hadits yang bersumber dari Abu Hurairah radhiyallohu 'anhu, dari Nabi ﷺ, bahwa seseorang yang mana dalam sholatnya tidak membaca surat al-Fatihah maka sholatnya "Hidajun, Hidajun, Hidajun" artinya sholatnya tidak sempurna. Nabi pun mengatakan sampai tiga kali, ini memberi isyarat bahwa membaca surat al-Fatihah hukumnya wajib.


Referensi :


شرح سفينة النجاة ٥٣ / ٥٤ مڪتبة دار احياء الڪتب العربية


(فصل) أرڪان الصلاة سبعة عشر الاول النية الثانی تڪبيرة الاحرام الثالث القيام علی القادر فی الفرض الرابع قراءة الفاتحة....الی آخره
-----------------------------

قوله : (الرابع قراءة الفاتحة) ای حفظا او تلقينا او نظرا فی المصحف او نحو ذلك ولو بواسطة سراج لمن فی ظلمة وتجب فی ڪل رڪعة سواء الصلاة السرية او الجهرية وسواء الامام والمأموم والمنفرد لخبر الصحيحين لا صلاة لمن لم يقرأ بفاتحة الڪتاب
قال البغوی فی المصابيح وعن ابی هريرة عن النبی ﷺ قال من صلی صلاة لم يقرأ فيها بأم القرآن فهی خداج ثلاثا ای غير تمام ......الخ
➖➖➖


Tidak sah. Ma'mum tetap diwajibkan membaca surat Al Fatihah selagi masih ada waktu. Ketika ma'mum takbirotul sampai ruku' ada waktu untuk baca Al-fatihah maka membaca Al-fatihah wajib.


المجموع شرح المهذب


( أما حكم المسألة ) فقراءة الفاتحة واجبة على الإمام والمنفرد في كل ركعة وعلى المسبوق فيما يدركه مع الإمام بلا خلاف . وأما المأموم فالمذهب الصحيح وجوبها عليه في كل ركعة في الصلاة السرية والجهرية ، وقال الشافعي في القديم : لا تجب عليه في الجهر ونقله الشيخ أبو حامد في تعليقه عن القديم والإملاء ، ومعلوم أن الإملاء من الجديد ، ونقله البندنيجي عن القديم والإملاء وباب صلاة الجمعة من الجديد . وحكى الرافعي أنها لا تجب عليه وجها في السرية ، وهو شاذ ضعيف وإذا قلنا : لا تجب عليه في الجهرية فالمراد بالتي يشرع فيها الجهر ، فأما ثالثة المغرب والعشاء ورابعة العشاء فتجب عليه القراءة فيها بلا خلاف ، صرح به صاحب التتمة وغيره . وقال أصحابنا : وإذا قلنا : لا تجب عليه في الجهرية بأن كان أصم أو بعيدا من الإمام لا يسمع قراءة الإمام ففي وجوبها عليه وجهان مشهوران للخراسانيين ، [ ص: 322 ] ( أصحهما ) تجب ; لأنها في حقه كالسرية :


( والثاني ) لا تجب ; لأنها جهرية . ولو جهر الإمام في السرية أو أسر في الجهرية فوجهان ، أصحهما وهو ظاهر النص أن الاعتبار بفعل الإمام والثاني : بصفة أصل الصلاة .

➖➖

Makmum dianjurkan mendengar imam membaca Al Fatihah, tapi ketika imam baca surat maka makmum di wajibkan membaca Al Fatihah, makanya sunnat bagi imam diam sejenak sblm membaca surat
Referensi👇


و يجهر بقوله آمين في الجهرية و كذلك المأموم و يقرن المأموم تأمينه بتأمين الإمام معا لا تعقيبا له و يسكت الإمام سكتة عقب الفاتحة ليئوب إليه نفسه و يقرأ المأموم الفاتحة في الجهرية في هذه السكتة ليتمكن من الاستماع عند قراءة الإمام و لا يقرأ المأموم السورة في الجهرية إلا إذا لم يسمع صوت الإمام


Artinya: Hendaklah imam mengeraskan suaranya ketika mengucapkan ‘âmîn’ (segera selesai membaca surat al-Fatihah), demikian pula makmum hendaknya melakukan hal yang sama dengan imam sacara bersama-sama dan tidak menunggu imam selesai mengucapkannya. Hendaklah imam diam sejenak atau beberapa lama setelah membaca surat al-Fatihah. Hal ini dimaksudkan agar di samping ia dapat mengatur napasnya kembali, juga agar makmum membaca al-Fatihah dengan suara jelas pada saat ia diam. Cara ini memungkinkan makmum dapat sepenuhnya mendegarkan bacaan imam, dan makmum hendaknya tidak membaca surat kecuali bila ia tidak bisa mendengarkan suara bacaan imam.

Imam al-Ghazali, BidayatulHidayah hal. 409


والله اعلم بالصواب


➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

MUSHOHIH

Ustadz Abu Siman
Ustadz Hosiyanto Ilyas S.Pd.I.
Ustadz M.Hasyim S.Pd.I.
Ustadz Jalaluddin Suyuti
Ustadz Abdha' Mukhtar S.H.
Ustadz Aby Hadi
Ustadz Muhammad Sholehuddin
Ustadzah Aulya al zahra M.Pd.
Ustadzah Rabi'ah al dawiyah

PENULIS DAN PERUMUS REDAKSI

Ustadz Abu Siman

Ustadz Saifuddin

PENANGGUNG JAWAB

Uztadzah Hj. Dinda Zulaikh



Komentar

Galeri Kajian Islam mengatakan…
Mantap banget👍👍👍👍👍

POPULAR POST

Apakah Batalkah Puasa orang yg Berasa mau Muntah

APAKAH TAKDIR BISA DI RUBAH??

Hukum Menunda Penguburan Jenazah

Jumlah Rakaat Sholat Sunat Rawatib

Hukum Busana muslimah Yg Harus Di Hindari

Hukum Cinta Menurut Islam

Hukum Mengganti Nama Yg lebih Baik Menurut islam

HUKUM MEMOTONG KUKU DAN RAMBUT DALAM KEADAAN HAID

Dengan Tiga Hal Cita-Cita Dapat Diraih