Hukum Memakai Listrik Masjid Untuk Penerangan Jalan Umum

TANYA JAWAB FIQIH & AQIDAH



Sail : @⁨MUHAMMAD AMIEN⁩

Assalamualaikum wr wb

Deskripsi masalah

Ada sebuah wilayah yang dimana jalannya gelap kalau diwaktu malam karena tidak ada lampu atau penerang jalan. Kebetulan jalan yang gelap tersebut dekat dengan masjid lalu oleh warga diberi lampu penerang yang aliran listriknya ngambil atau nyambung dari masjid

Pertanyaan :

Bagaimana hukumnya memasang lampu untuk jalan umum, yang aliran listriknya di ambil dari MASJID ??

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

Jawaban

Wa alaikum salam


Pada asalnya, harta yang dimiliki oleh masjid adalah bersifat wakaf hasil daripada sumbangan umat Islam. oleh karenanya dalam hal kegunaan harta masjid termasuk penggunaan elektrik hendaklah berdasarkan niat para pewakaf.

Kaedah fiqih menyebut:


كل متصرف عن الغير فعليه أن يتصرف بالمصلحة

“Setiap yang bertindak bagi pihak orang lain, maka hendaklah ia bertindak berasaskan maslahah.” (1/310)

Dalam hal ini juga, bekas Mufti Mesir, Dr. Ali Jum’ah menegaskan, secara fiqahnya, setiap perkara yang diwakafkan untuk masjid seperti karpet, lampu, penyapu, air dan lain-lain tidak harus digunakan kecuali untuk keperluan masjid. Ini berdasarkan sikap Rasulullah SAW yang amat memelihara setiap perkara yang dikhususkan untuk masjid, antaranya sebagaimana sabda Baginda SAW:

إِنَّ الْحَصَاةَ لَتُنَاشِدُ الَّذِي يُخْرِجُهَا مِنَ الْمَسْجِدِ


“Sesungguhnya anak-anak batu itu benar-benar berseru (agar tidak dikeluarkan) kepada orang yang mengeluarkannya dari masjid.”

Hadis riwayat Abu Daud, no. 460.
➖➖➖

استخدام أدوات المسجد للأغراض الشخصية

ما حكم استخدام أدوات المسجد للأغراض الشخصية خارج المسجد وتعريضها للتلف، كالسلم، والماء لغسيل السيارات أمام المسجد، والكهرباء لإنارة البيوت؟

الجواب : فضيلة الأستاذ الدكتور علي جمعة محمد
لا يجوز استخدام ما وُقِفَ للمسجد إلا لحاجة المسجد، وقد حذَّر النبيُّ صلى الله عليه وآله وسلم من إخراج شيء من مخصصات المسجد مهما قلَّ نفعُه؛ فقال: «إِنَّ الْحَصَاةَ لَتُنَاشِدُ الَّذِي يُخْرِجُهَا مِنَ الْمَسْجِدِ» رواه أبو داود.
واستخدام أدوات المسجد في غير شؤونه فيه إثمٌ وذنبٌ عظيمٌ، وفيه تضييعٌ لأموال المسلمين الموقوفة، وتعريضٌ للمسجدِ ومَرافقِه للتلف والتعطيل، ويدخل هذا تحت قوله تعالى: ﴿وَمَنْ أَظْلَمُ مِمَّنْ مَنَعَ مَسَاجِدَ اللهِ أَنْ يُذْكَرَ فِيهَا اسْمُهُ وَسَعَى فِي خَرَابِهَا﴾

 [البقرة: 114].

التفاصيل...
فتاوى ذات
➖➖➖

a. Haram hukumnya ambil listrik di masjid dengan izin ataupun tanpa izin dari pengurus masjid, karena listrik masjid ini disamakan dengan masalah Az-zait (minyak) yang digunakan untuk penerangan masjid, dimana minyak dan listrik sama- sama merupakan bagian (أجزاء ) dari Masjid yang tidak boleh diambil sedikitpun.

b. Tidak perlu izin, karena hukumnya adalah Haram Mutlak baik dengan izin terlebih dahulu ataupun tidak.


١
. أعانة الطالبين: ج ٣ ص ٢١٦

ويحرم أخذ شىء من زيته وشمعه اى للمسجد اى المختص به بأن يكون موقوفا عليه أومملوكا له بهبة أو شراء من ريع موقوف علي مصالحه واذا أخذ منه ذلك وجب رده (كصحاه وترابه) اى كما يحرم أخذ حصى المسجد وترا به.


٢
. المجموع ج ٣ ص ٢٠٦

لايجوز أخذ شيء من أجزاء المسجد كحجر وحصا ة وتراب وغيره وقد سبق في هذه المسائل تحريم التيمم بتراب المسجد ومثله الزيت والمشع الذى يسرج فيه وفي سنن ابي داود باسناد صحيح عن ابي هريسرة بعد الرواة أراه رفعه الى النبي صلى الله عليه وسلم قال: ان الحصاة لتناشد الذى يخرجها من المسجد


c. Solusinya ia harus mengembalikan qimah (biaya senilai listrik yang telah di ambil) kepada pihak masjid. Bila masjidnya jauh dan sulit di jangkau, maka ia bertaubat, banyak istighfar dan sedekah.

١
. نها ية الزين :ص ٢٤١

وعلى الغاصب رد وضمان تلف بأقصى قيمته من حين غصب الى تلف.

٢
. الاشباه والنظائر للسبكي ج ٢ ص ٤٠٧

قال في التدريب : كل من غصب شيئا وجب رده الا بست صور :مسئلة الخيط واللوح والخلط حيث لايتميز والخمر والعصير اذا تخمر في يده

٣
. حاشية الجمل : ج ٥ ص ٣٨٨

ثم رأيت في منهاج العابدين للغزالى ان الذنوب التى بين العباد اما في المال ويجب رده عند المكنة فان عجز لفقر استحله فان عجز عن استحلاله لغيبته او موته وامكن التصدق عنه فعله والا فليكثر من الحسنات ويرجع الى الله تعالى ويتضرع اليه في ان يرضيه عنه يوم القيامة



➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Dan barang masjid hanya boleh di tasarufkan pada hal2 yang ada kaitannya dengan kemaslahatan masjid tapi bila tidak ada kemaslahatan yang kembali kepada masjid maka tidak boleh..

اعانة الطالبين ٣/١٨٤

قع السؤال على الدرس عما يوجد من الاشجار فى المساجد و لم يعرف هل هو وقف اولا-الى ان قال- وان كان وقفه على خصوص المسجد امتنع صرفه لغيره فعلى تقديرين جواز صرفه لمصالح المسجد محقق بخلاف لمصالح غيره مشكوك فى جوازه فيترك لاجل المحقق


Wallahu A'lamu bisshowab 

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖


TIM MUSYAWIRIN

MUSHOHIH

Ustadz Abu Siman
Ustadz Hosiyanto Ilyas S.Pd.I.
Ustadz Abdha' Mukhtar S.H.
Ustadz Aby Hadi
Ustadz Muhammad Sholehuddin
Ustadzah Aulya al zahra M.Pd.
Ustadzah Rabi'ah al dawiyah

PENULIS DAN PERUMUS REDAKSI

Ustadz Abu Siman

Ustadz Saifuddin

PENANGGUNG JAWAB

Uztadzah Hj Dinda Dzulaeha




Komentar

POPULAR POST

Apakah Batalkah Puasa orang yg Berasa mau Muntah

APAKAH TAKDIR BISA DI RUBAH??

Hukum Menunda Penguburan Jenazah

Jumlah Rakaat Sholat Sunat Rawatib

Hukum Busana muslimah Yg Harus Di Hindari

Hukum Mengganti Nama Yg lebih Baik Menurut islam

Hukum Cinta Menurut Islam

HUKUM MEMOTONG KUKU DAN RAMBUT DALAM KEADAAN HAID

Dengan Tiga Hal Cita-Cita Dapat Diraih