APAKAH SUNNAH BAGI WANITA HAID DAN NIFAS MANDI DI HARI RAYA
تحفة المحتاج إلى شرح المنهاج ٣٩٣/٢_
_( وَيُنْدَبُ ) لَهُ ( الْغُسْلُ ) لِكُلٍّ مِنْ عِيدِ الْفِطْرِ وَالْأَضْحَى قِيَاسًا عَلَى الْجُمُعَةِ ، وَفُهِمَ مِنْ إطْلَاقِهِ اسْتِحْبَابُهُ لِكُلِّ أَحَدٍ وَإِنْ لَمْ يَحْضُرْ صَلَاتَهُ ; لِأَنَّهُ يَوْمُ زِينَةٍ فَالْغُسْلُ لَهُ ، بِخِلَافِ غُسْلِ الْجُمُعَةِ_
_"Disunnahkan mandi dihari idul fitri dan idul adha diqiyaskan atas kesunnahannya mandi pada hari jum'at, dan dapat dipahami bahwasanya kesunnahan ini (mandi pada hari raya) berlaku untuk siapapun meskipun bagi orang yang tidak sholat i'ed, karena hari i'ed adalah hari berhias, maka disunnahkan mandi, berbeda dengan sholat jum'at (karena kesunnahan mandi pada hari jum'at hanya berlaku bagi orang yang ingin sholat jum'at)"_
_Dan bagaimana dengan wanita yang sedang haidh dan nifas, apakah disunnahkan juga bagi mereka untuk mandi ?, mari kita lihat Hasyiah As-Syibromulsi hasyiah dari kitab Tuhfatul muhtaj :_
حاشية الشبراملسي ٣٩٣/٢_
_وَهَلْ يُسْتَحَبُّ لِلْحَائِضِ وَالنُّفَسَاءِ لِمَا فِيهِ مِنْ مَعْنَى النَّظَافَةِ وَالزِّينَةُ وَكَمَا فِي غُسْلِ الْإِحْرَامِ ؟ فِيهِ نَظَرٌ ا هـ . أَقُولُ : هُوَ كَذَلِكَ كَمَا هُوَ مُصَرَّحٌ بِهِ فِي كَلَامِ بَعْضِهِمْ_
_"Apakah sunnah bagi wanita haidh dan nifas untuk mandi, sebab mandi termasuk dalam konteks nadhofah dan berhias, seperti halnya dalam masalah mandi ihram ?, Aku (mushonnif) menjawab: 'Wanita haidh dan nifas disunnahkan untuk mandi"_
Wallahu A'lamu bisshowab
Komentar