Hukum Memanjangkan Rambut Bagi Laki-Laki*

TANYA JAWAB FIQIH & AQIDAH.





Sail : @⁨alif ahmad AZ⁩ 




Diskripsi Masalah



Sebagai umat Islam, sudah seyogianya bila meniru tindak-tanduk Nabi Muhammad SAW yang sebagai panutan dalam beragama, termasuk dalam hal menata rambut. Sedangkan bagi yang kontra, mereka berargumen bahwa Nabi Muhammad SAW memiliki rambut panjang karena memang kebiasaan atau salah satu adat orang laki-laki Arab adalah berambut panjang. Dan itu bukan merupakan sunnah rasul yang dianjurkan bagi seluruh umatnya yang laki-laki.



Pertanyaan :



1.Bagaimana Hukum Memanjangkan Rambut bagi laki lagi menurut Islam ?

2,  Dan Bagaimana hukum mewarnai
    Rambut bagi laki laki ?

Para Asatid TJFA, mohon penjelasan nya dan Dalil nya

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

 *Jawaban nya:* 

Jawaban no 1

Hukum nya di tafshil:
.

Bahwasanya hukum memanjangkan rambut bagi laki laki  sebagian ulama berpendapat   *hukumnya sunnah*, karena Rasulullah Saw pernah melakukan hal itu. Namun kesunnahan memanjangkan rambut itu, tentu harus sejalan dengan batasan apa yang dicontohkan Rasulullah Saw. 

*Di Antaranya :*

A. Jadi batasan maksimal kebolehan memanjangkan rambut bagi laki laki adalah tidak boleh melebihi dari bahunya. 

B. Jadi kesimpulannya  boleh bagi laki laki memanjangkan rambut  dengan  syarat semata mata hanya mengikuti  jejak Rasulullah Saw, karena dengan niat demikian akan mendapatkan kebaikan 

C. dan  tidak ada niat menyerupai perempuan seperti dandanan yang husus bagi perempuan.

 D.  Serta tidak ada niat menyerupai orang orang kafir seperti halnya yang terjadi pada saat ini, yaitu memanjangkan rambut separuhnya digunting  sehingga sebelah botak dan sebelah panjang.



شرح صحيح مسلم. الجز 15. صفحة9192.



ﺣﺪﺛﻨﺎ ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ ﺍﻟﻤﺜﻨﻰ، ﻭﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ ﺑﺸﺎﺭ، ﻗﺎﻻ: ﺣﺪﺛﻨﺎ ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ ﺟﻌﻔﺮ، ﺣﺪﺛﻨﺎ ﺷﻌﺒﺔ، ﻗﺎﻝ: ﺳﻤﻌﺖ ﺃﺑﺎ ﺇﺳﺤﺎﻕ، ﻗﺎﻝ: ﺳﻤﻌﺖ ﺍﻟﺒﺮﺍﺀ، ﻳﻘﻮﻝ: » ﻛﺎﻥ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺭﺟﻼ ﻣﺮﺑﻮﻋﺎ ﺑﻌﻴﺪ ﻣﺎ ﺑﻴﻦ ﺍﻟﻤﻨﻜﺒﻴﻦ ﻋﻈﻴﻢ ﺍﻟﺠﻤﺔ ﺇﻟﻰ ﺷﺤﻤﺔ ﺃﺫﻧﻴﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﺣﻠﺔ ﺣﻤﺮﺍﺀ ﻣﺎ ﺭﺃﻳﺖ ﺷﻴﺌﺎ ﻗﻂ ﺃﺣﺴﻦ ﻣﻨﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ.

-----------------------------------

 

ﻗﻮﻟﻪ )ﻋﻈﻴﻢ ﺍﻟﺠﻤﺔ ﺇﻟﻰ ﺷﺤﻤﺔ ﺃﺫﻧﻴﻪ ( ﻭﻓﻲ ﺭﻭﺍﻳﺔ ﻣﺎ ﺭﺃﻳﺖ ﻣﻦ ﺫﻱ ﻟﻤﺔ ﺃﺣﺴﻦ ﻣﻨﻪ ﻭﻓﻲ ﺭﻭﺍﻳﺔ ﻛﺎﻥ ﻳﻀﺮﺏ ﺷﻌﺮﻩ ﻣﻨﻜﺒﻴﻪ ﻭﻓﻲ ﺭﻭﺍﻳﺔ ﺇﻟﻰ ﺃﻧﺼﺎﻑ ﺃﺫﻧﻴﻪ ﻭﻓﻲ ﺭﻭﺍﻳﺔ ﺑﻴﻦ ﺃﺫﻧﻴﻪ ﻭﻋﺎﺗﻘﻪ ﻗﺎﻝ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﻠﻐﺔ ﺍﻟﺠﻤﺔ ﺃﻛﺜﺮ ﻣﻦ ﺍﻟﻮﻓﺮﺓ ﻓﺎﻟﺠﻤﺔ ﺍﻟﺸﻌﺮ ﺍﻟﺬﻱ ﻧﺰﻝ ﺇﻟﻰ

ﺍﻟﻤﻨﻜﺒﻴﻦ ﻭﺍﻟﻮﻓﺮﺓ ﻣﺎﻧﺰﻝ ﺇﻟﻰ ﺷﺤﻤﺔ ﺍﻷﺫﻧﻴﻦ ﻭﺍﻟﻠﻤﺔ ﺍﻟﺘﻲ ﺃﻟﻤﺖ ﺑﺎﻟﻤﻨﻜﺒﻴﻦ ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻘﺎﺿﻲ ﻭﺍﻟﺠﻤﻊ ﺑﻴﻦ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﺮﻭﺍﻳﺎﺕ ﺃﻥ ﻣﺎ ﻳﻠﻲ ﺍﻷﺫﻥ ﻫﻮ ﺍﻟﺬﻱ ﻳﺒﻠﻎ ﺷﺤﻤﺔ ﺃﺫﻧﻴﻪ ﻭﻫﻮ ﺍﻟﺬﻱ ﺑﻴﻦ ﺃﺫﻧﻴﻪ ﻭﻋﺎﺗﻘﻪ ﻭﻣﺎ ﺧﻠﻔﻪ ﻫﻮ ﺍﻟﺬﻱ ﻳﻀﺮﺏ ﻣﻨﻜﺒﻴﻪ ﻗﺎﻝ ﻭﻗﻴﻞ ﺑﻞ ﺫﻟﻚ ﻻﺧﺘﻼﻑ

ﺍﻷﻭﻗﺎﺕ ﻓﺈﺫﺍ ﻏﻔﻞ ﻋﻦ ﺗﻘﺼﻴﺮﻫﺎ ﺑﻠﻐﺖ ﺍﻟﻤﻨﻜﺐ ﻭﺇﺫﺍ ﻗﺼﺮﻫﺎ ﻛﺎﻧﺖ ﺇﻟﻰ ﺃﻧﺼﺎﻑ ﺍﻷﺫﻧﻴﻦ ﻓﻜﺎﻥ ﻳﻘﺼﺮ ﻭﻳﻄﻮﻝ ﺑﺤﺴﺐ ﺫﻟﻚ ﻭﺍﻟﻌﺎﺗﻖ ﻣﺎ ﺑﻴﻦ ﺍﻟﻤﻨﻜﺐ ﻭﺍﻟﻌﻨﻖ ﻭﺃﻣﺎ ﺷﺤﻤﺔ ﺍﻷﺫﻥ ﻓﻬﻮ ﺍﻟﻠﻴﻦ ﻣﻨﻬﺎ ﻓﻲ ﺃﺳﻔﻠﻬﺎ ﻭﻫﻮ ﻣﻌﻠﻖ ﺍﻟﻘﺮﻁ ﻣﻨﻬﺎ ﻭﺗﻮﺿﺢ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﺮﻭﺍﻳﺎﺕ ﺭﻭﺍﻳﺔ

ﺇﺑﺮﺍﻫﻴﻢ ﺍﻟﺤﺮﺑﻲ ﻛﺎﻥ ﺷﻌﺮ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻓﻮﻕ ﺍﻟﻮﻓﺮﺓ ﻭﺩﻭﻥ ﺍﻟﺠﻤﺔ.


_________________________________

 Jawaban no 2 


Hukum bersemir merah, kuning, baik pada keseluruhan rambut kepala atau hanya sebagian diperinci sebagai berikut :



- Dalam kondisi rambut beruban dan pada saat model semir tersebut menyerupai (tasyabbuh) pada kebiasaan (adat) orang-orang fasik, maka hukum bersemir merah dan kuning bagi laki-laki atau wanita yang belum bersuami terjadi khilaf (perbedaan ulama). Menurut Imam Al-Ghazali hukumnya haram Dan menurut Imam ‘Izzuddin Ibnu ‘Abdissalam tetap diperbolehkan.

- Dalam kondisi rambut tidak beruban, maka diperbolehkan bagi wanita yang sudah bersuami atas seijin suaminya. Namun bagi wanita yang belum bersuami terjadi khilaf (perbedaan ulama). Menurut sebagian ulama haram karena tasyabbuh bil fussaq (menyerupai kebiasaan orang-orang fasik). Dan menurut pendapat yang lain diperbolehkan apabila ada tujuan yang dibenarkan syariat (gharad shahih).



 إثمد العينين ص78


يحرم على الولي خضب شعر الصغير ولو أتثى إذا كان أصهب بالسواد لما فيه من تغيير الخلقة



مذاهب الأربعة الجزء الثاني صحـ 46 – 47




حكم صباغة الشعر تفصيل المذاهب

الشافعية- قالوا : يكرة صباغة اللحية والشعر بالسواد إلا الخضاب بالصفرة والحمرة فإنه جائز إذا كان لغرض شرعي كالظهور الشجاع أمام الأعداء في الغزو ونحوه. فإذا كان لغرض فاسد كالتشبه بأهل الدين فهو مذموم, وكذلك يكره صبغها بالبياض كي يظهر بمظهر الشيب ليتوصل بذلك إلى الأغراض المذمومة كتوقيره والإحتفاء به وقبول شهادته وغير ذلك وكما يكره تبييض اللحية بالصبغ فإنه يكره نتف شيبها.

حسن السير فى بيان أحكام أنوع التشبه صحـ 11-12

ما نصه فإن قلت فقد صرح هذا الخضاب شعارا الأعاجم وقد نهينا عن التشبه بهم لأن من تشبه بقوم فهو منهم فما تصنع فى هذا التعارض قلت أما حجة الإسلام الغزالى رضى الله عنه فإنه قال فى كتاب السماع من إحيائه مهما صارت السنة شعارا لأهل البدعة قلنا لتركها خوفا من التشبه بهم وأما سلطان العلماء العزالدين عبد السلام فإنه أشار إلى رده فى فتاوه إذا قال المراد بالأعاجم الذين نهينا عن التشبه بهم أتباع الأكثرة فى ذالك الزمان ويختص النهى بما يفعلون على خلاف مقتضى شرعنا فأما ما فعلوه على وفق الإيجاب أو الندب أو الإباحة في شرعنا فلا يترك لأجل تعاطيهم إياه فإن الشرع لا ينهى عن التشبه بما أذن الله فيه.

إتحاف السادة المتقين الجزء السابع صحـ 591 – 592 ( دار الكتب العلمية)

العلة الثالثة الاجتماع عليها لما أن صار من عادة أهل الفسق ) والفجور ( فيمنع من التشبه بهم لان من تشبه بقوم فهو منهم) الى أن قال (وبهذه العلة نقول بترك السنة مهما صارت شعارا لأهل البدعة خوفا من التشبه بهم ) وقد نقل الرافعي عن بعض أئمة الشافعية أنه كان يقول الأولى ترك رفع اليدين في الصلاة في ديارنا يعني ديار العجم قال لأنه صار شعارا للرافضة وله أمثلة كثيرة لكن قد يقال ليس كل شيء يفعله الفساق يحرم فعله على غيرهم ولو كان هذا معتبرا لكان الضرب بالدفوف والشبابة حراما الى أن قال.فلما لم يحرم شيء من ذلك علمنا أن هذه العلة غير معتبرة فتأمل .

البحر المحيط الجزء الأول صحـ 356

مسألة (لا يترك المندوب إذا صار شعارا للمبتدعة) ولا يترك لكونه صار شعارا للمبتدعة خلافا لابن أبي هريرة ولهذا ترك الترجيع في الأذان والجهر بالبسملة والقنوت في الصبح والتختم في اليمين وتسطيح القبور محتجا (بأنه صلى الله عليه وسلم ترك القيام للجنازة لما أخبر أن اليهود تفعله) وأجيب بأن له ذلك لأنه مشرع بخلاف غيره لا يترك سنة صحت عنه وفصل الغزالي بين السنن المستقلة وبين الهيئات التابعة فقال لا يترك القنوت إذا صار شعارا للمبتدعة بخلاف التسطيح والتختم في اليمين ونحوهما فإنها هيئات تابعة 
فحصل ثلاثة أوجه والصحيح المنع مطلقا .

فتح الباري شرح صحيح البخاري الجزء العاشر صحـ 354

والثغامه بضم المثلثة وتخفيف المعجمة نبات شديد البياض زهره وثمره قال: فمن كان في مثل حال أبي قحافة استحب له الخضاب لانه لا يحصل به الغرور لاحد ومن كان بخلافه فلا يستحب في حقّه,ولكن الخضاب مطلقا اولي لانه فيها امتثال الامر في مخالفة اهل الكتاب

شرح النووي على مسلم الجزء السابع صحـ 
204


ومذهبنا استحباب خضاب الشيب للرجل والمرأة بصفرة أو حمرة ويحرم خضابه بالسواد على الأصح وقيل : يكره كراهة تنزيه والمختار التحريم لقوله صلى الله عليه وسلم :  
واجتنبوا السواد ) هذا مذهبنا .
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

 TIM MUSYAWIRIN

Member Grup Tanya Jawab Fiqih & Aqidah

MUSHOHIH* :

*_Ustadz Abu Siman_*
*_Ustadz  Hosiyanto ilyas_*
*_Ustadz M.Hasyim_*
*_Ustadz Aby Hadi_*
*_Ustadz محمدصالح الدين_*
*_Ustadzah Adiba_*


*PENULIS DAN PERUMUS REDAKSI*

*_Ustadz Sayifuddin_*

*PENANGGUNG JAWAB*

*_Uatadzah Hjh. Dinda Zulaikha_*

Komentar

POPULAR POST

Apakah Batalkah Puasa orang yg Berasa mau Muntah

APAKAH TAKDIR BISA DI RUBAH??

Hukum Menunda Penguburan Jenazah

Jumlah Rakaat Sholat Sunat Rawatib

Hukum Busana muslimah Yg Harus Di Hindari

Hukum Mengganti Nama Yg lebih Baik Menurut islam

Hukum Cinta Menurut Islam

HUKUM MEMOTONG KUKU DAN RAMBUT DALAM KEADAAN HAID

Dengan Tiga Hal Cita-Cita Dapat Diraih